Sinopsis + Spoiler Plot “The Superdeep (2020)” Film tentang Wabah Penyakit Ganas

the superdeep 1

The Superdeep adalah film horor Rusia tahun 2020 yang disutradarai oleh Arseny Syuhin, berdasarkan pada Kola Superdeep Borehole di kehidupan nyata.

Film ini berfokus pada sekelompok peneliti dan tentara yang menyelidiki misteri seputar laporan wabah penyakit di fasilitas penelitian bawah tanah rahasia pada tahun 1984 di Rusia.


Plot Lengkap “The Superdeep (2020)”

Berlatar waktu pada tahun 1984, Anna Fedorova, seorang ahli epidemiologi Rusia, mencoba untuk mengundurkan diri.



Hal ini terjadi setelah rekan penelitinya Dr. Zotoff mengajukan diri untuk menguji vaksin pada dirinya sendiri tanpa pengujian pendahuluan atau hewan yang mengakibatkan kematiannya.

Kolonel Morozov dari Intelijen Militer yang mengawasi proyek tersebut, membujuknya untuk melanjutkan uji coba manusia tanpa pengujian pendahuluan atau pada hewan dalam upaya untuk menyediakan vaksin dengan cepat untuk pasukan Rusia di Afrika.

Kemudian, Anna merayakan tahun baru bersama keluarga dan teman-teman dan diberi selamat karena dia dapat dengan cepat mengembangkan vaksin.

Dia menerima telepon dari kolonel yang memberitahunya bahwa mereka akan segera pergi ke lubang bor Kola. Suara yang tidak diketahui asalnya direkam jauh di bawah permukaan tak lama setelah 20 orang hilang.

Lubang bor ini tidak seperti yang diyakini publik, tetapi ia adalah sebuah laboratorium penelitian bawah tanah yang dalam.

Kepala Penelitian fasilitas Dr. Grigoriev dikecam setelah laporan menyembunyikan penyakit yang tidak diketahui di dalam fasilitas itu.

Anna ditugaskan untuk mengambil sampel dan dijanjikan menjadi kepala Institut Pertahanan Biologi Militer jika dia berhasil.

Anna, Kolonel dan satu regu tentara yang dipimpin oleh Mayor Sergei MacKiev diterbangkan dengan helikopter ke fasilitas tertutup es di Murmansk.

Setelah mendarat, helikopter mereka didekati oleh seorang pria yang menolak untuk mematuhi instruksi. Dia ditembak beberapa kali tetapi terus menuju helikopter. Dia meledakkan granat tangan, membunuh dirinya sendiri dan menyebabkan kerusakan kecil pada helikopter dan penumpangnya.

Anna memeriksa tubuh pria itu dan memperhatikan bahwa jaringan itu memiliki cahaya merah samar, dan sampel yang dia kumpulkan dari mayat itu dengan cepat membusuk.

Anna memeriksa karyawan lain dari fasilitas yang sedang dievakuasi.

Meskipun mereka tidak menunjukkan gejala, salah satu pria bernama Zimin memberi tahu Anna bahwa mereka dibohongi. Dia menyatakan bahwa itu bukan penyakit dan tingkat fasilitas yang di bawahnya adalah Neraka.

Anna, Kolonel, dan pasukannya bertemu dengan Wakil Kepala Penelitian fasilitas Peter Akuznetsov dan orang yang melaporkan kerahasiaan Dr. Grigoriev seputar penyakit itu.

Dr. Grigoriev menginginkan jaminan bahwa karyawan yang tersisa yang disegel di fasilitas tingkat bawah selama evakuasi diselamatkan dan sebagai imbalannya dia akan membantu mereka karena dia mengubah semua kode sandi keamanan sebelum kedatangan regu.

Kelompok itu berkendara dengan truk di bawah tanah ke lift ke fasilitas.

Mantan direktur menunjukkan bahwa kode sandi memang telah diubah dan dia adalah satu-satunya yang mengetahuinya.

Kunci lift juga diperlukan dengan kode pass dan jika kata sandi yang salah dimasukkan 3 kali maka lift akan anjlok sebagai tindakan pencegahan keamanan. Dia mengetik kode akses yang benar dan mengaktifkan lift.

Rombongan turun ke fasilitas yang terletak kira-kira 5220 meter di bawah.

Selama penurunan, rem elevator tidak merespons dan Dr. Grigoriev menekan elevator dan mengenakan masker oksigen. Kelompok itu pingsan sementara Dr. Grigoriev melarikan diri ke fasilitas dengan kunci lift.

Kelompok itu sampai pada tingkat “Resort” yang merupakan tempat tinggal fasilitas tersebut. Peta terdekat menjelaskan bahwa ada lift dari permukaan ke Resort dan lift lain di sisi lain Resort turun ke tingkat penelitian yang disebut “Sahara”.

Ada juga jalur sakelar balik di poros yang mengarah dari setiap tingkat ke permukaan tetapi jalur tersebut disegel dan suhu di dalamnya 200 derajat, butuh pakaian pelindung untuk melintasinya.

Setelah melakukan pencarian di tingkat Resort, mereka menemukan seorang insinyur bernama Nikolay dan seorang dokter bernama Kira di kafetaria yang tertinggal selama evakuasi awal.

Masih belum ada tanda-tanda Dr. Grigoriev. Anna melakukan tes pada Kira dan Nikolay di lab medis dan mereka tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi.

Anna bertemu Dr. Grigoriev yang memohon padanya untuk mengevakuasi yang lain ke poros dan bahwa dia tidak bisa memberinya kunci lift.

Anna berteriak ke yang lain dan Dr. Grigoriev terluka dan melarikan diri menggunakan lift ke tingkat penelitian Sahara.

Mayor menyarankan agar mereka menggunakan poros untuk turun ke Sahara untuk mengejar Dr. Grigoriev. Kelompok itu menemukan pintu akses ke poros yang menuju ke tingkat penelitian tetapi Dr. Grigoriev telah memerintahkannya untuk menutupnya sebelum evakuasi.

Pintu ditutupi goresan yang berisi peringatan tidak menyenangkan seperti “tolong kami”, “bebaskan kami dari kejahatan”, dan bahasa Latin yang diterjemahkan menjadi “kelaparan yang tak terpuaskan”.

the superdeep 2

Sekelompok tentara yang dipimpin oleh Egorov mengenakan pakaian pelindung suhu dan akan turun melalui poros ke tingkat penelitian Sahara ketika pintu dibuka dari dalam poros.

Seorang asisten lab tunggal bernama Olga ditemukan tanpa alat pelindung dan dibawa kembali ke lab medis untuk observasi dan tes sementara Egorov dan timnya turun ke poros.

Olga menunjukkan tanda-tanda demam tetapi bilang bahwa dia sangat kedinginan. Punggungnya ditutupi dengan tumbuhan seperti jamur yang tidak muncul 15 menit sebelum Anna mengambil sampelnya.

Sampel terbukti tumbuh dengan cepat dan ditemukan sebagai bentuk jamur yang sangat ganas.

Olga dan sampel cetakan menunjukkan cahaya merah samar yang sama dengan mayat pria yang meledakkan dirinya.

Radio Egorov kembali secara berkala mengatakan bahwa ada sesuatu yang tidak beres saat mereka turun melalui poros. Dr Grigoriev mengumumkan melalui interkom bahwa karena mereka tidak mengungsi ke permukaan melalui poros, dia tidak punya pilihan selain menyegel mereka semua di dalam fasilitas.

Dr. Grigoriev menyebabkan ledakan yang merusak pompa tekanan fasilitas dan akan menyebabkan fasilitas runtuh dalam waktu satu jam. Setelah kembali ke lab kedokteran, Anna dan Mayor menemukan dinding yang tertutup jamur dengan Olga setengah meleleh ke lantai tetapi masih hidup.

Olga melepaskan awan spora dan Anna bisa mendapatkan masker gas tetapi segera diserang oleh Kira yang telah terinfeksi berat dan bermutasi dengan cara yang sama seperti Olga.

Anna menemukan bahwa jamur mati saat terkena dingin dan menggunakan alat pemadam api untuk meninggalkan lab medis dan mendekontaminasi dirinya sendiri sementara Mayor sudah menunjukkan tanda-tanda infeksi.

Peter berteori bahwa jamur mungkin berperilaku mirip dengan Cordyceps, jamur yang memaksa semut untuk kembali ke koloni mereka yang pada gilirannya melepaskan spora dan menginfeksi seluruh koloni.

Anna mendiskusikan situasi dengan Kolonel dan menjelaskan bahwa jamur tidak dapat bertahan dalam kondisi dingin dan lapisan es yang mengelilingi fasilitas itulah yang mencegahnya menyebar.

Satu-satunya cara jamur dapat pergi adalah di dalam inang yang bertubuh hangat tetapi jika inang mati di lingkungan yang dingin maka jamur juga mati.

Anna mencoba untuk mendesak Kolonel untuk tidak mencoba membawa siapa pun yang terinfeksi atau sampel apa pun keluar dari fasilitas, tetapi dia bersikeras bahwa dengan melemahnya kekuatan Uni Soviet, diperlukan senjata biologis baru yang akan menjamin kekuatan dan pengaruh global mereka.

Saat kelompok bersiap untuk naik melalui poros sambil mengenakan pakaian pelindung dengan Mayor yang terinfeksi, mereka menerima siaran radio dari Egorov yang mengatakan bahwa mereka sedang diserang dan jangan membuka pintu ke poros tingkat yang lebih rendah, bahkan jika itu kelompok mereka.

Mayor bersikeras bahwa mereka kembali untuk Egorov dengan sisa pasukannya.

Tiga tentara pergi ke poros menuju ke tingkat yang lebih rendah untuk mencari Egorov dan anggota pasukan lainnya.

Tembakan terdengar tak lama setelah itu dan hanya 2 tentara yang kembali mengatakan mereka menemukan sesuatu yang besar, senjata mereka tidak berpengaruh, dan sekarang mereka tahu di mana mereka berada.

Para prajurit menyebutkan bahwa poros itu juga dihancurkan. Prajurit ketiga kembali tanpa lengan dan menggorok lehernya sendiri sebelum pintu poros tertutup.

Sesuatu mulai menggedor pintu poros dan menerobos. Nikolay menyarankan agar mereka menjatuhkan lift ke tingkat yang lebih rendah untuk menghindari apa pun yang masuk dari poros yang hanya dapat didengar sebagai jeritan manusia dan langkah kaki yang berat.

Para prajurit, termasuk Mayor tetap di belakang untuk melawan apa pun yang mengejar mereka sementara yang lainnya turun di lift.

Anna, Nikolay, Peter, dan Kolonel berhasil sampai ke tingkat yang lebih rendah yang membeku dan tampaknya ditinggalkan.

Mereka menemukan tape recorder yang memainkan kata-kata terakhir Dr. Grigoriev.

Dia berteori bahwa jamur dihentikan oleh zaman es jutaan tahun yang lalu dan memiliki kemampuan untuk tidak hanya mengontrol sistem otot dan saraf yang terinfeksi tetapi juga menyatukan yang terinfeksi.

Kelompok itu menemukan dinding yang terinfeksi meleleh bersama, terbunuh oleh hawa dingin. Dr Grigoriev menyatakan bahwa sebelum dia meninggal dia akan meninggalkan tingkat penelitian dan melihat organisme untuk terakhir kalinya.

Kolonel memutuskan untuk pergi ke lingkungan 200 derajat untuk mencoba dan mengambil kunci lift yang dibawa Dr. Grigoriev bersamanya.

Pakaian pelindung semuanya telah disabotase oleh Dr. Grigoriev sehingga Kolonel harus pergi tanpa perlindungan.

Sebelum dia pergi, dia mengatakan bahwa Anna benar bahwa cetakan tidak boleh meninggalkan fasilitas dan bahwa dia dapat melakukan lebih banyak kebaikan daripada yang dia bisa.

Karena dia adalah seorang perwira, dia berkewajiban untuk melaporkan apa yang terjadi di fasilitas tersebut.

Anna, Peter, dan Nikolay setuju bahwa bahkan jika mereka berhasil kembali, mereka tidak boleh memberi tahu siapa pun tentang jamur itu karena seseorang pada akhirnya akan mencoba menelitinya dan dapat membahayakan semua kehidupan di bumi.

Dr. Grigoriev dan peneliti lainnya di tingkat yang lebih rendah telah mencoba untuk merahasiakan jamur tersebut ketika ditemukan. Dr. Grigoriev mencoba untuk menutup fasilitas tersebut untuk menjaga agar jamur dan pengetahuan apa pun tentangnya tidak lolos.

Kolonel tidak kembali dalam waktu yang wajar sehingga Anna keluar ke lingkungan 200 derajat di mana organisme itu hidup, untuk mengambil kunci lift.

Dia menemukan Kolonel mati dengan kunci dan seluruh lingkungan adalah gua raksasa dengan cetakan bercahaya menutupi dinding.

Setelah kembali dengan kunci, Peter memaksa dua lainnya dengan todongan senjata untuk memberinya kunci sehingga dia dapat kembali ke permukaan dan menjadi terkenal karena menemukan cetakan.

Mereka bertiga kembali ke tingkat Resort dan dapat mendengar jeritan dan erangan berkala. Peter diserang oleh makhluk besar yang terdiri dari inang terinfeksi yang berteriak yang semuanya telah melebur menjadi satu organisme.

Anna bersembunyi di lemari es kafetaria dan mengguyur air es ke seluruh tubuhnya untuk melewati makhluk itu serta mengambil kunci lift dari Peter yang telah diserap.

Anna menemukan Nikolay dan bersama-sama mereka nyaris tidak lolos dari makhluk itu dengan naik lift ke permukaan. Mereka menggunakan kunci lift untuk memulai pendakian mereka tetapi menemukan Mayor meleleh ke lantai hanya dari pandangan.

Mayor memohon agar dia tidak diizinkan ke permukaan karena akan menyebabkan kematian semua kehidupan di planet ini.

Nikolay bersikeras untuk melarikan diri dari fasilitas tidak peduli biayanya dan dengan kasar melawan Anna karena kontrol lift.

Mayor menyelamatkan Anna dengan menusuk leher Nikolay, membunuhnya. Mayor menyatakan bahwa dia bisa merasakan Anna dan menghancurkan lift. Anna, yang jelas terinfeksi dan sekarang menunjukkan cahaya merah dari jamur, mencoba memasukkan kode lift yang salah 3 kali untuk menyebabkan lift jatuh tetapi jamur tidak akan membiarkannya saat ia mencoba mengendalikannya.

Anna diselamatkan saat lift jatuh. Saat dibawa ke permukaan, Anna mencuri granat dari salah satu tentara hazmat dan memaksa mereka untuk melepaskannya.

Sekarang di luar dalam cuaca dingin dan dikelilingi oleh tentara, Anna menarik pin pada granat untuk membunuh cetakan di dalam dirinya dan merahasiakan keberadaannya.

(Visited 60 times, 1 visits today)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.